Ciri-ciri Berlian Asli

No comment 382 views

artikel-berlian_ciri-berlian

JualBerlian.com – Akan mudah bila proses jual beli dilakukan untuk berlian bersertifikat namun ada kalanya kita menemui kondisi dimana sertifikat itu belum ada seperti ketika anda membelinya dari pendulang berlian tradisional. Lalu apakah berlian tak bersertifikat itu tidak punya harga sama sekali? Tidak, berlian itu tetap bisa dibeli namun harus penuh ketelitian untuk melihat cirinya untuk memastikan keasliannya serta harus paham untuk menaksir harganya sesuai dengan standar 4C. Lalu apa saja ciri dari berlian asli? Kita bahas berikut ini.

Keras

Berlian merupakan salah satu mineral terkeras di bumi. Jadi bila berlian tersebut rusak hanya dengan beberapa benturan kecil saja, bisa dipastikan kalau berlian tersebut palsu. Atau jika memang sudah ada retakan dalam berlian tersebut yang mengurangi kualitasnya.

Memiliki Banyak Warna

Jika anda masih berpikir bahwa berlian hanya memiliki satu warna saja itu salah. Sebenarnya berlian memiliki banyak warna, hanya saja beberapa warna lainnya itu cukup langka untuk ditemukan. Tingkat kesolidan warna pun berpengaruh pada harga jualnya.

Bisa Menggores Benda Lain

Ciri ini sangat berhubungan dengan ciri yang pertama yakni keras. Karena sangat keras berlian mampu dengan mudah menggores benda lainnya tanpa mengurangi bentuknya.

Tidak Bisa Tergores

Diamond cuts diamond, itulah salah satu peribahasa dalam bahasa inggris tentang berlian. Karena kerasnya berlian mampu menggores benda lain dan tidak mampu tergores benda lain dengan mudah. Jika berlian anda mampu digores dengan mudah misalnya menggunakam jarum, maka bisa dipastikan merupakan barang palsu.

Hasil Pencerminan Tidak Jelas

Jika berlian diletakkan pada sebuah cetakan tulisan seperti koran atau buku, hasil pencerminan dari berlian yang asli tidak jelas. Itu merupakan salah satu ciri naterial berlian asli. Apabila tulisan hasil pencerminannya terlihat tidak berubah, bisa dipastikan berlian tersebut palsu atau terbuat dari material lain seperti kaca atau plastik.

Refleksi

Jika berlian asli dikenai cahaya maka refleksi yang keluar berwarna abu abu. Jika anda melihat refleksj berwarna warni, maka anda bisa mencurigai berlian tersebut karena bisa dipastikan itu merupakan benda palsu.

Tidak Berkabut

Apabila anda menghembuskan nafas pada berlian, kabut diatas berlian tersebut akan cepat menghilang. Berbeda dengan berlian tiruan yang bermaterial benda lainnya yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menghilangkan kabutnya.

Refleksi Cahaya Di setiap Sisi

Refleksi cahaya yabg dipancarkan oleh berlian akan terlihat di semua sksi, tidaj hanya di bagian atasnya saja. Disinilah letak keindahan berlian bila dikenai cahaya. Berlian palsu hanya menampilkan refleksi di bagian atasnya saja.

Tidak Bisa Dipanaskan

Seperti yang mungkin anda ketahui bahwa berlian terbentuk dari tekanan yang tinggi didalam perut bumi sehingga berlian tidak bisa panas ketika dipanaskan. Berbeda dengan berlian tiruan yang akan ceoat panas bankan berubah warna dan lumer jika dipanaskan trus menerus.

Tidak Mengapung Dalam Air

Seperti kebanyakan batu lainnya, berlian asli itu berat dan tidak mengapung bila dilatakkan dalam air.

 

Demikian cara menentukan ciri-ciri berlian asli atau palsu, semoga info ini bermanfaat untuk anda para pembaca web ini.

Incoming search terms:

ciri-ciri berlian.