Harga Emas Murah dalam Pekan Terakhir

1 comment 3262 views

Jualberlian.com – Harga emas mencatat penurunan terbesar dalam empat pekan terakhir.

Pada Kamis (28/6/2012) pukul 13.57 waktu New York (Jumat WIB), harga kontrak emas untuk pengantaran Agustus anjlok 1,8 persen menjadi 1.550,40 dollar AS per troy ounce di Comex, New York.

Harga emas ini merupakan penurunan terbesar sejak 21 Juni lalu. Sebelumnya, harga emas sempat turun ke posisi 1.547,60 dollar AS per troy ounce, yang merupakan level terendah sejak 1 Juni lalu.

Harga emas tertekan ditengah krisis ekonomi Amerika. Pergerakan dollar juga perkasa akibat spekulasi pimpinan Eropa yang menemui kendala dalam mengeluarkan kebijakan bersama untuk menangani krisis utang.

“Perekonomian AS belum menunjukkan tanda-tanda pulih. Itu menyebabkan investor berburu dollar. Apalagi, kecil kemungkinan pimpinan Eropa akan menemukan solusi,” jelas Phil Streible, Senior Commodity Broker RJ O’Breien & Associates di Chicago, seperti dilansir Kontan.

Scott Gardner, Chief Investment Officer Verdmont Capital SA di Panama City, berpendapat kalau posisi emas saat ini berada pada persimpangan yang kritis. “Kecemasan deflasi mulai kembali ke permukaan, dan emas dilanda aksi jual bersama dengan komoditas musiman.” Ucapnya.

Sementara di Singapura, Jumat (29/6/2012), harga kontrak emas untuk pengantaran Agustus mencatatkan kenaikan sebesar 0,2 persen menjadi 1.552,90 dollar AS per troy once. Sementara itu, harga emas di pasar spot tak banyak mencatatkan perubahan di posisi 1.552,50 dollar AS per troy ounce. (H)