Mengenal Batu Cincin Tapak Jalak

No comment 1226 views

Jualberlian.com – Tren dunia cepat sekali berubah. Ada banyak hal yang bisa membuat tren dunia bisa menjadi cepat berubah. Ya, tentunya didasari dari perkembangan zaman itu sendiri bukan? Namun, ternyata sesuatu hal yang menjadi tren itu adalah hal yang baru. Seperti yang bisa kita lihat saat ini yaitu penggunaan cincin akik, seperti batu cincin tapak jalak. Penggunaan cincin batu bukanlah hal yang baru di kalangan masyarakat. Cincin batu akik sudah banyak digunakan masyarakat zaman dahulu. Menurut beberapa ahli sejarah Islam pun mengatakan bahwa Nabi Muhammad beserta sahabat-sahabatnya menggunakan cincin batu. Raja-raja besar di dunia maupun di nusantara dahulu juga menggunakan cincin batu akik yang jenisnya bermacam-macam.

batu-tapak-jalak

batu-tapak-jarak

batu-akik-tapak-jalak-asli

Batu cincin akik merupakan hal yang membingungkan. Bagaimana bisa begitu? Ya, karena sama halnya dengan tanaman gelombang cinta dan sejenisnya yang tidak memiliki patokan harga. Tetapi, tetap saja masyarakat menyukai dan rela mengeluarkan uang sakunya dalam-dalam untuk mendapatkan cincin batu akik yang memang model dan warnanya menarik. Dari sekian cincin batu akik yang menjadi favorit masyarakat salah satunya adalah batu cincin tapak jalak. Bagi orang-orang yang sudah mengenal dan tahu tentang batu akik, pasti sudah tahu akan jenis batu yang satu ini. Batu ini memiliki ciri yang jelas dan khas yaitu garis melintang berbentuk tanda plus (+) yang berada di bagian atas batu.

Ciri-ciri lain dari batu tapak jalak yaitu:

  1. Warna dari batu tapak jalak ada yang berwarna merah, kuning, cokelat, putih, hijau, dan warna lainnya.
  2. Meskipun ciri utamanya adalah ada tanda plusnya yang jelas, namun juga ada yang terlihatnya tidak jelas.
  3. Khasiatnya untuk keselamatan, kekebalan, menambah karisma, kewibawaan, dll.

Tentunya setiap batu akik haruslah dicek keasliannya, jangan langsung percaya dan memberikan harga yang mahal jika batu cincin tapak jalak yang kita minati itu terlihat cantik. Karena bukan berarti cantik itu pasti asli dan mahal harganya. Namun, seperti yang sudah dijelaskan di atas haruslah dicek di laboratorium atau paling mudah dicek dengan alat khusus yang bertujuan mengetes kualitas batu tersebut.