Mengenal Nama Bagian dari Berlian

No comment 110 views

JualBerlian.com – Jika anda mungkin sebelumnya telah mengerti bagaimana 4C pada berlian mempengaruhi harga berlian dan bagaimana untuk membedakan antara kualitas yang baik dan kurang baik, maka kali ini anda akan diajak untuk mengenal nama bagian dari berlian itu sendiri. Tubuh atau bagian pada berlian ternyata memiliki nama yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu bentuk berlian. Ada beberapa istilah yang mungkin jarang digunakan dalam bahasa Indonesia namun pada bahasa Inggris menjelaskan bagian bagian dari berlian.

artikel-berlian_mengenal-nama-bagian-dari-berlian

Mulai dari atas dari sebuah berlian adalah “table.” Table merupakan bagian atas atau bagian atap dari berlian. Table ada yang berbentuk bulat, persegi, dan segi segi lainnya sesuai dengan shape berlian tersebut. Bagian table pada berlian tidak selalu berbentuk datar, melainkan ada juga yang berbentuk seperti kubah. Bagian bawah setelah table adalah crown. Crown adalah ruang yang mengisi antara table hingga kebagian tengah berlian yang melebar. Di bagian crown biasanya dihitung sudut kemiringan crown dan didalamnya terdapat star length yakni facet atau sisi pada berlian yang menempel pada table. Jarak antara table dan bagian tengah berlian disebut crown length yang akan memberikan proporsi tubuh atas pada berlian.

Untuk bagian bawah dari berlian dikenal sebagai pavilion. Pada pavilion ini dihitung sebagai pavilion depth yakni mulai dari bagian tengah berlian hingga bagian ujung runcing berlian tersebut. Besarnya pavilion depth akan memberikan bentuk yang proporsional pada berlian, yaitu jika besarannya 2/3 dari keseluruhan tinggi berlian. Sedangkan untuk bagian tengahnya terdapat girdle thickness atau ketebalan batas yang menyatukan antara crown dan pavilion. Ketebalan girdle sangat mempengaruhi bentuk dari berlian. Sedangkan pada bagian bawah sendiri atau yang membentuk runcing pada berlian disebut sebagai gullet. Gullet ini tidak selalu ada, bergantung pada bentuk atau shape berlian itu sendiri.

Facet atau sisi pada berlian pun memiliki berbagai nama seperti star facet yang menempel pada table, kite facet yang mirip dengan laying laying, upper girdle facet yang menempel dengan bagian girdle atau tengah, lower girdle facet yakni yang menempel di bagian bawah girdle, pavilion facet yang mengisi bagian pavilion. Untuk gullet sendiri memiliki bentuk meruncing atau membulat kecil. Tidak semua berlian memiliki semua hal itu, seperti untuk berlian yang berbentuk hati atau heart. Mungkin akan ditemukan dua table yang merupakan sisi kiri dan kanan. Sedangkan guletnya selalu ada di bagian bawah dan untuk crown dan pavilion akan sedikit sulit dibedakan. Namun untuk bentuk lainnya yang umum seperti heart, round, cushion, dll lebih mudah untuk diamati daripada yang berbentuk rumit seperti hati. Tertarik untuk menghitung jumlah facet dalam berlian anda?

author
Percayakan pada kami
No Response

Leave a reply "Mengenal Nama Bagian dari Berlian"