Mengenal Tingkatan Clarity Standar Internasional pada Berlian

JualBerlian.com – 4C adalah teknik untuk memberikan rating atau predikat dari berlian yang dihasilkan. Dengan penilaian tersebut berlian itu akan mendapatkan sertifikat yang menjelaskan seluk beluk dari berian berdasarkan 4C. Dengan sertifikat tersebut pula berlian dapat dipastikan merupakan berlian asli, bukan palsu atau buatan serta yang paling penting adalah rating atau tingkatan tingkatan kualitas dari berlian tersebut yang dinilai sesuai 4C. Sertifikat berlian tersebut dikeluarkan oleh GIA (Gemological Institute of America), EGL (European Gemological Laboratory) atau AGS (American Gem Society). Ketiganya diisi oleh orang orang yang professional dalam bidang bebatuan khususnya bebatuan mulia seperti berlian sehingga sertifikat aslinya dapat menjamin kualitas berlian sesuai dengan standar internasional.

artikel-berlian_mengenal-tingkatan-clarity

Nah untuk kali ini kita akan membahas tingkatan pada bagian Clarity atau tingkat kejernihan dari sebuah berlian yang didasarkan pada standar internasional. Teknik dalam menilai Clarity atau kejernihan dari suatu berlian menggunakan cara pembesaran 10 x untuk melihat adanya bercak, retakan kecil, tanda kusam seperti awan baik dibagian luar berlian maupun dibagian dalamnya. Setelah dilakukan pengamatan, maka berlian baru bisa diberi rating atau ranking untuk kualitas dari kejernihan atau Clarity nya. Nah dalam rating clarity tersebut dikenal beberapa istilah yang digunakan oleh GIA berikut ini.

Grade Flawless

Flawless artinya adalah tanpa cacat sama sekali. Yakni setelah dicek dengan pembesaran 10 x tidak ditemukan adanya kekurangan sehingga flawless merupakan grade atau rating berlian yang paling tinggi.

Grade Internally Flawless

Dikatakan sebagai grade Internally flawless adalah jika kecacatan berlian tersebut hanya bisa terlihat oleh pembesaran 10 x namun tidak terlihat oleh mata telanjang.

Grade VVS

VVS merupakan kependekan dari Very Very Slightly included. Pada grade atau rating ini hanya ditemukan baik satu maupun dua kecacatan pada berlian sehingga masih bersifat sangat baik. Untuk VVS sendiri masih dibagi menjadi dua jenis yakni VVS 1 dan VVS 2. Perbedaannya adalah jika pada VVS 1 kecacatan dapat terlihat dari bagian bawah berlian atau dari pavillionnya sedangkan VVS 2 terlihat dari bagian crown atau bagian atasnya. VVS merupakan standar yang umunya digunakan untuk jual beli pengusaha berlian.

Grade VS

VS merupakan kependekan dari Very Slightly yang berarti kecacatan yang dapat terlihat oleh mata telanjang. Meskipun demikian, tidak semua orang mampu melihat kecacatan pada berlian tersebut kecuali oleh ahli. Sedangkan untuk VS 2 lebih banyak orang yang bukan ahli yang mampu melihat kecacatan berlian tersebut.

Grade SI

SI atau Slightly Included merupakan grade atau rating paling rendah yang kecacatan dari berlian tersebut bisa terlihat dengan inspeksi oleh mata telanjang. Grade SI juga dibagi menjadi 2 yakni SI 1 dan SI 2 dimana SI 2 lebih terlihat.

Grade I

Grade I merupakan tingkatan yang paling rendah dan disarankan untuk tidak diperjual belikan karena kerusakan atau kecacatan pada berlian sangat kentara terlihat oleh mata. Grade I dibagi menjadi 3 yakni grade I 1, I 2, dan I 3 yang menjadi kualitas paling buruk.